Peralatan Meteorologi Synoptik

0 Comments

Peralatan meteorologi synoptik merupakan alat ukur parameter cuaca permukaan untuk mengamati kondisi udara di suatu tempat. Parameter cuaca yang diukur antara lain yaitu suhu udara, kelembaban udara, tekanan udara, arah dan kecepatan angin, radiasi matahari, penguapan, dan curah hujan. 


Taman Alat Stamet Mopah
Beberapa peralatan meteorologi yang digunakan dalam mengamati kondisi udara diletakkan di taman alat.



  • Sangkar Meteorologi


Sangkar Meteorologi

Sangkar meteorologi merupakan tempat untuk meletakkan beberapa peralatan meteorologi seperti Psychrometer, yakni peralatan yang terdiri dari termometer bola kering, termometer bola basah, termometer maksimum, dan termometer minimum. Sangkar meteorologi dibuat seperti rumah kecil dengan kisi-kisi disetiap sisinya dengan jendela yang dapat dibuka mengarah ke utara dan selatan dengan tujuan untuk melindungi peralatan di dalamnya dari radiasi matahari dan perubahan udara sekitarnya secara langsung. Bahan utama pembuatan sangkar meteorologi ini merupakan kayu yang diwarnai dengan cat putih yang bertujuan agar panas dari radiasi matahari tidak banyak terserap.
Selain Psychrometer, sangka meteorologi juga dapat diisi dengan peralatan lainnya seperti thermohygrograph, piche evaporimeter, dll.

  • Psychrometer


Psychrometer



Termometer bola kering berfungsi untuk mengukur suhu udara aktual permukaan. Termometer bola basah berfungsi untuk mengukur suhu udara jenuh permukaan. Termometer bola basah sebenarnya merupakan termometer air raksa yang sama jenisnya dengan termometer bola kering, namun diberi perlakuan yang berbeda yakni pada ujung termometer diberi kain muslin yang dibasahi dengan air sehingga dapat merepresentasikan udara jenuh permukaan. Dari kombinasi termometer bola kering dan bola basah dapat diketahui nilai kelembaban udaranya.

Termometer maksimum berfungsi untuk mengukur suhu maksimum harian. Termometer maksimum merupakan termometer air raksa dengan celah menyempit yang disebut Contriction. Contriction inilah yang dapat menahan air raksa ketika suhu udara menurun, sehingga dapat menjaga nilai suhu maksimum harian.
Termometer minimum merupakan termometer alkohol yang berfungsi untuk megukur suhu minimum harian. Alkohol dipilih untuk mengukur suhu minimum karena titik beku alkohol lebih rendah dibandingkan air raksa. Di dalam termometer ini terdapat indeks yang apabila suhu udara turun maka indeks akan ikut turun bersama alkohol sedangkan ketika suhu udara naik alkohol akan mengembang sedangkan indeks akan tetap. Dengan demikian suhu udara minimum akan terjaga.


  • Penakar Hujan

Penakar Hujan Manual

Penakar Hujan Tipe Hellmann
Penakar hujan merupakan alat ukur curah hujan dalam satuan milimeter (mm). Air hujan yang tertampung dalam penakar hujan manual, diukur dengan bentuan gelas ukur. Sedangkan penakar hujan tipe Hellmann, mengukur curah hujan secara otomatis yang tercatat dalam bentuk grafik pada pias Hellmann.


  • Barometer

Barometer 

Barometer merupakan alat ukur tekanan udara. Barometer manual menggunakan air raksa untuk mengukur tekanan udara. Tekanan udara merupakan salah satu parameter yang penting dalam meteorologi. Perbedaan tekanan udara dapat menggerakkan udara yakni dari tekanan udara tinggi ke tekanan udara rendah yang dikenal dengan angin.


  • Evaporimeter

Evaporimeter Tipe Open Pan

Evaporimeter merupakan alat pengukur penguapan. Evaporimeter yang terpasang di Stasiun Meteorologi Mopah Merauke merupakan tipe open pan (panci terbuka). Cara mengukur nilai penguapan harian adalah dengan menghitung selisih ketinggian air hari ini dengan hari sebelumnya ditambah dengan jumlah curah hujan sebelumnya. Satuan ukur penguapan adalah milimeter (mm).


  • Anemometer

Anemometer

Anemometer merupakan alat ukur arah dan kecepatan angin. Anemometer ini terdiri dari cup counter yang berfungsi mengukur kecepatan angin dan wind vane yang berfungsi mengukur arah datangnya angin. Anemometer ini dipasang pada ketinggian 10 m untuk merepresentasikan kondisi di permukaan.


  • Sunshine recorder
Sunshine Recorder Tipe Campbell Stokes

Sunshine recorder tipe Campbell Stokes merupakan alat pengukur lama penyinaran matahari. Alat ini menggunakan bola pejal yang terbuat dari kaca yang prinsip kerjanya mengumpulkan berkas sinar matahari sehingga dapat membakar pias yang diletakkan di bawahnya. Satuan ukur lama penyinaran matahari adalah dalam satuan jam atau persen.

Itulah beberapa peralatan meteorologi synoptik yang terpasang di stasiun meteorologi Mopah Merauke.

stamet merauke

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: