SEKOLAH LAPANG IKLIM TAHAP II PROPINSI PAPUA TAHUN 2016

, 0 Comments



Foto Bersama

Stasiun Meteorologi Mopah Merauke melaksanakan  Sekolah Lapang Iklim Tahap II 2016 bagi para petugas penyuluh lapang (PPL) dan instansi terkait. Bertempat di Hotel CoreInn Merauke, Jl. Kampung Timur Merauke, Sekolah Lapang Iklim Tahap II ini dihadiri oleh 25 peserta dari Dari Dinas Tanaman Pangan & Hortikultura Kab. Merauke, BP4K Kab. Merauke, Kebun Percobaan BPTP Merauke, Dinas Perkebunan & Kehutanan Kab. Merauke, KODIM 1707, Universitas Musamus, Politeknik Pertanian Yasanto, TP-OP Irigasi Rawa Merauke, dan Caritas KAME.

Kegiatan Sekolah Lapang Iklim ini mengambil tema “Sekolah Lapang iklim meningkatkan pemahaman informasi iklim/cuaca untuk mendukung ketahanan pangan nasional”. Sekolah Lapang Iklim Tahap II Propinsi Papua ini dibuka oleh Bpk. Marjuki, M.Si selaku Kepala Bidang Informasi Iklim Terapan BMKG. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pendamping dari BMKG Pusat yaitu Ibu Mamenun, M.Si selaku staf Bidang Informasi Iklim Terapan BMKG dan perwakilan dari KODIM 1707 serta Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kab. Merauke.

Dalam kegiatan ini, peserta diberikan materi dan praktikum terkait pemahaman informasi cuaca/iklim dari narasumber yang berasal dari pegawai Stamet Mopah Merauke, BMKG Pusat dan BPTP Papua. Selain itu, peserta juga mengikuti Field Trip kunjungan ke Stasiun Meteorologi Mopah Merauke, Pos Klimatologi Tanah Miring dan Pantai Lampu Satu Merauke.
Kegiatan Sekolah Lapang Iklim ini ditutup pada Jumat, 25 November 2016 oleh Bpk. Sugeng Widarko, S.Si selaku Kepala Stasiun Meteorologi Mopah Merauke sekaligus pemberian sertifikat kepada para peserta.




Diskusi & Tanya Jawab Bersama Kepala Bidang Informasi Iklim Terapan BMKG



Dinamika Kelompok



Materi Pemahaman Unsur Cuaca & Iklim



Praktikum Pembentukan Awan & Hujan



Materi Pengenalan Alat Ukur Cuaca/Iklim



Materi Pemahaman Informasi Iklim/Musim



Materi Penyimpangan Iklim / Iklim Ekstrim



Praktikum Neraca Air Lahan



Kunjungan Ke Taman Alat Stasiun Meteorologi Mopah Merauke



Kunjungan Ke Pos Klimatologi Tanah Miring




Kunjungan Ke Pantai Lampu Satu Merauke

stamet merauke

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: